Monday 31 August 2009



KAJIAN LAYANAN PENCEGAHAN PENULARAN HIV DARI IBU KE BAYI
PMTCT (Prevention Mother to Child HIV Transmission)

Seiring dengan peningkatan prevalensi HIV pada wanita usiasubur, terjadi pula peningkatan kemungkinan penularan HIV dari Ibu ke Bayioleh karenanya diperlukan berbagai upaya untuk mencegah infeksi HIV padaperempuan, serta mencegah penularan HIV dari ibu hamil ke bayi yaitu PMTCT(Prevention of Mother to Child HIV Transmission).Kendala utama pelaksanaan program PMTCT adalah masih besarnya stigma,terutama oleh petugas kesehatan yang menyebabkan terjadinya diskriminasibagi Odha dan keluarganya di tempat pelayanan kesehatan. Organisasi profesidan organisasi bidang kesehatan lainnya merupakan kelompok potensial untuk
melakukan eliminasi stigma tersebut dengan cara menyediakan dan menyebarluaskan informasi yang tepat dan proporsional, dan menciptakan suasanakondusif untuk mendukung upaya penanggulangan HIV dan AIDS, khususnyaprogram PMTCT serta melakukan layanan PMTCT yang komprehensif dan bermutu. Melihat kenyataan tersebut maka sekretariat HIV-AIDS PB IDI akan menyusun modul standar untuk layanan PMTCT yang sekaligus dapat dipergunakan sebagai bahan pendidikan berkelanjutan bagi anggota Organisasi Profesi.
Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah :Diskusi kecil dengan expert panel sebanyak 3 kali dan dilanjutkan workshop 1 kali dimana anggota expert yang terlibat PB IDI, Sekretariat HIV/AIDS, PDPAI, IAKMI, PDGI, PPNI, ISFI, IBI, Depkes, POGI, IDAI, Sentra Laktasi Indonesia, Yayasan Pelita Ilmu, Ikatan Perempuan Positif Indonesia Puskesmas Kec. Tebet.

No comments:

Post a Comment