Monday 30 July 2012

PENYAKIT JANTUNG KORONER



APAKAH PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK) ? 
PJK adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh penyempitan pembukuh darah ke jantung yang bertugas mambawa darah dan oksigen. Penyempitan ini kemudian akan menimbulkan berbagai gejala akibat menurunnya suplai darah dan oksigen. 

APAKAH PENYAKIT PJK
Penyakit ini tidak timbul secara tiba-tiba, melainkan melalui suatu proses panjang (degenerasi) yang disebut aterosklerosis. Aterosklerosis adlah suatu proses pembentukan plak pada pembuluh darah yang menyebabkannya menjadi kaku dan menyempit. Proses ini terjadi akibat penimbunan berbagai material seperti lemak dan kalsium, atau dapat juga diakibatkan penimbunan berbagai macam material seperti lemak dan kalsium, atau dapat juga diakibatk an oleh jaringan parut. Proses panjang ini sebenarnya merupakan proses yang wajar terjadi pada setiap manusia yang bertambah usia, namun dapat diperlambat prosesnya. 
Pembuluh darah akan mengeras. Ia menjadi kaku sehingga tidak elastis lagi dalam menerima darah dari jantung atau seluruh tubuh. Adanya plak akan membuatnya menjadi sempit, sehingga kemampuan jantung dalam mengalirkan darah akan menurun. Penurunan kemampuan inilah yang keemdian memberikan gejala nyeri dada. Bila hambatan ini terus menerus terjadi sehingga menyebabkan  hambatan total, maka akan timbul serangan jantung yang diawali dengan perubahan irama yang pada akhirnya menyebabkan kematian.

FAKTOR RESIKO PJK 
BAGAIMANA GEJALA PJK
TIPS DAN PANDUAN UNTUK PRA PENSIUN DAN PENSIUNAN 
PENGOBATAN PJK

No comments:

Post a Comment