Wednesday 13 April 2011

MENGENALI SINYAL TUBUH

Seperti halnya ponsel, tubuh pun mempunyai sinyal untuk menunjukkan gejala tertentu. Apabila kita peka, sinyal dapat membantu kita mencegah supaya tidak sakit berkepanjangan. Apa saja sih sinyal yang biasanya terlihat dan kita rasakan ?

JIKA TUBUH MENUNJUKKAN

HIDUNG MEMERAH
Tandanya anda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis, contohnya coklat. Makanan tersebut memicu pembuluh darah halus di ujung hidung menjadi berkembang. Nah, jika seluruh hidung menjadi merah, sebaiknya kurangi makanan manis. Dan ganti dengan buah atau yogurt. Karena hidung merah juga bisa menjadi tolok ukur apakah beban jantung terlalu berat.

PIPI BERWARNA KELAM KABUT
Tandanya tubuh kita kekurangan oksigen dan fungsi pernapasan terganggu. Berjalan santai di taman bisa membantu kita mendapatkan udara segar. Serta perbanyak komsumsi sayur hijau.Gunanya, untuk menambah protein dan menyerap zat mineral.

KULIT BERBINTIK ATAU KUNING
Kulit berbintik pertanda anda kekurangan vitamin C dan B. Namun bila kulit terlihat sedikit kekuningan, menandakan bahwa fungsi hati anda melemah. Sebaiknya kurangi minuman beralkohol.

LEKUK MATA HITAM
Tandanya tubuh anda lelah sehingga beban ginjal menjadi berat. Kurangi mengonsumsi garam, gula, kopi dan the kental. Anda harus memperbanyak wortel, susu sapi, kacang dan buah.

BERCAK MERAH PADA MATA
Bila terdapat pada bagian putih bola mata, tandanya anda terlalu banyak begadang. Perhatikan jadwal tidur anda agar tubuh cukup beristirahat.

LEKUK MATA MERAH DAN BENGKAK
Tandanya fungsi ginjal anda melemah. Periksa urin, batasi mengosumsi garam dan istirahat yang cukup.

KELOPAK MATA BERDENYUT
Tandanya saraf berada pada kondisi lelah. Lakukan relaksasi untuk mengendurkan saraf dan menghilangkan lelah. Atau kompres sebentar mata anda dengan air hangat.

WARNA BIBIR BERUBAH
Bila bibir anda berwarna pucat, tandanya anda kekurangan darah. Bila berwarna pucat keunguan bisa jadi ada masalah pada paru-paru anda. Warna hitam menandakan masalah pada hati. Warna merah timbul apabila suhu badan terlalu tinggi. Sedangkan warna kekuningan halus menandakan jantung yang lemah.

DAHI BERTAMBAH KERIPUT
Tandanya beban hati terlalu berat. Kurangi minuman beralkohol dan lemak hewani. Minumlah sedikitnya 3 liter air putih setiap hari.

RAMBUT CEPAT BERUBAN
Tandanya anda terlalu keras berpikir dan perasaan tertekan. Perbanyak mengomsumsi jenis tumbuhan, air, buah, susu sapi, kedelai hitam, dan wijen hitam. Ada juga yang menyebutkan bahwa rambut cepat beruban disebabkan factor keturunan.

JIKA ANDA MERASA

SERING MENGUAP
Selain tanda bahwa anda mengantuk, bisa juga berarti tubuh anda kurang bergerak, atau jumlah oksigen dalam otak menurun. Hal ini bisa berakibat tingkat konsentrasi dan kewaspadaan anda berkurang.

CEGUKAN PADAHAL ANDA TIDAK SEDANG MAKAN
Tandanya tubuh anda anda sedang mengalami stress. Saat cegukan, hormon stress masuk ke aliran darah dan merangsang serat saraf secara berlebihan. Dan terjadilah kontraksi otot tak sadar didekat pita suara. Coba telan sedikit gula pasir untuk meredakan cegukan.

KAKI KRAM SETIAP MALAM
Tandanya tubuh mengalami dehidrasi, kekurangan magnesiumdan kalsium. Perbanyak minum air putih dan susu kalsium

MUAL
Tandanya lambung kita bermasalah. Kemungkinan terjadi penumpukan toksin atau racun di organ pencernaan. Usahakan hindari obat anti mual. Komsumsi makanan yang mudah dicerna, dan perbanyak makan sayur dan buah.tapi, sesuaikan juga makanan dengan factor penyebab mual

DEMAM
Tandanya terdapat infeksi dalam tubuh. Bisa juga karena terjadi penumpukan toksin/racun dalam tubuh. Sehingga tubuh harus menghasilkan ekstra panas untuk menetralisir toksin yang harus dibuang. Perbanyak minum air putih agar cairan dalam tubuh tetap seimbang.

BAB TIDAK LANCAR
Tandanya keseimbangan bakteri positif dalam usus anda terganggu. Bisa juga karena dampak pola makan yang salah dan tidak seimbang. Atur pola makan anda, dan pastikan terdapat serat yang cukup di dalam menu makanan .

No comments:

Post a Comment