Thursday 2 May 2019

Program Kesehatan Perempuan Dompet Dhuafa


Indonesia masih dibayangi kemiskinan dan ketidakberdayaan. Hal itu dapat dilihat dari mirisnya potret kesehatan ibu dan anak. Permasalahan tersebut dapat dilihat pada kemunculan penyakit-penyakit yang berbahaya pada ibu hamil dan anak.
Seperti pada hasil Riskesdas 2018 yang menunjukkan peningkatan pada ibu hamil yang mengalami anemia dibandingkan tahun 2013, yaitu sebesar 37,1 persen. Anemia ini adalah salah satu penyebab kematian ibu saat kehamilan.
Selain dari itu maraknya angka kekurangan gizi dalam bentuk stunting terjadi di Indonesia. Kejadian stunting disebabkan karena kurangnya asupan gizi ibu semenjak hamil dan saat melahirkan. Stunting ini dapat menyebabkan gangguan perkembangan pada anak.
Kedua kasus besar di atas melengkapi kasus-kasus lainnya yang sering terjadi, yang dapat berdampak buruk pada kesehatan perempuan.
Sebut saja, perkawinan anak di bawah umur yang juga dapat menyebabkan gangguan pada organ reproduksi dan perkembangan mental. Kenyataanya perkawinan anak ini juga dapat menyebabkan kematian ibu dan anak.
Permasalahan ini dalam hasil kajian Dompet Dhuafa, disebabkan oleh banyak faktor. Selain dari keterjangkauan fasilitas kesehatan oleh para perempuan, turut juga masalah pendidikan seks sedari dini. Pendidikan ini penting agar perempuan menyadari pentingnya kesehatan mereka untuk pembangunan sumber daya manusia yang lebih baik kedepannya.
Melihat peliknya permasalahan tersebut, Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa menginisiasi program pemberdayaan perempuan. Program yang bernama Program Kesehatan Perempuan dilaunching tanggal Selasa, 30 April 2019 di Rumah Makan Pagi Sore, Kemang, Jakarta Selatan, pukul 08.00 sampai 15.00 WIB dengan berbagai kegiatan diantaranya diskusi berjudul, "Indonesia Hebat Berawal dari Kesehatan Perempuan" yang dihadiri dengan perwakilan stakeholder seperti Kementerian Kesehatan, BPJS Kesehatan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan, UNPFA dan tentunya pemaparab Program-program kesehatan perempuan Dompet Dhuafa. Selain diskusi, kegiatan ini akan dirangkaikan oleh pemeriksaan kanker serviks, edukasi kesehatan perempuan, dan nonton bareng film tema kesehatan perempuan. 
Karena kami percaya, kesehatan perempuan dapat memperbaiki bangsa hari ini dan masa mendatang.






No comments:

Post a Comment